PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MATAHARI TERBESAR DI DUNIA TELAH BEROPRASI

Sebuah Pembangkit listrik tenaga matahari terbesar di dunia yang terletak di shanghai mulai beroperasi, Pembangkit listrik tenaga surya ini menggunakan 20 ribu panel surya photovoltaic yang bisa mengalirkan listrik hingga 6,3 juta kwh per tahun. ini merupakan titik terang dari alternatif tenaga ini, pasalnya banyak yang menyatakan termasuk saya bahwa pembangkit tenaga surya kurang efektif dan efisien, bayangkan saja jika di kalkulasi, untuk memenuhi kebutuhan listrik selurung dunia, maka kita harus menutupi seluruh dataran spanyol dengan panel surya, hal inilah yang bisa di bilang kurang efektif dan tidak efisien mengingat harga panel surya sekarang ini masih cukup mahal, di tambah dengan dibutuhkannya ruang yang besar.

pembangkit listrik tenaga surya yang telah beroprasi di shanghai mampu memenuhi kebutuhan listrik 12 ribu rumah tangga. Panel tenaga surya di shanghai ini menempati area seluas 61 ribu meter persegi dan telah menghasilkan 300 ribu kwh sejak proyek senilai 160 juta Yuan ini beroperasi yaitu sekitar dua minggu yang lalu.

Dengan dioperasikannya pembangkit listrik ini mampu mengurangi penggunaan batu bara sebesar 2.254 ton dan mengurangi emisi gas karbon sebesar 6.600 ton. "Proyek ini menjadi pembuktian pada komitmen China untuk mengurangi emisi karbon untuk memerangi dampak perubahan iklim," kata Yu Hailong, General Manager of the Beijing-based China Energy Conservation and Environmental Protection Group (CECEP).

Yu Hailong juga menambahkan penggunaan energi terbarui gencar dilakukan setelah negara-negara di dunia sepakat untuk mengurangi 40-45% emisi karbondioksida per unit produk domestik bruto (PDB) sampai tahun 2020.

"Sebagai proyek pelopor, ini akan membantu stimulasi pengembangan energi surya di China dan mempromosikan pembangunan stasiun kereta api yang ramah lingkungan,"ujar Hailong.

yang jelas di operasikannyaPembangkit listrik di Shanghai ini menggeser pembangkit listrik tenaga matahari di Olmedilla, Spanyol yang sebelumnya tercatat sebagai yang terbesar di dunia.

0 Response to "PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MATAHARI TERBESAR DI DUNIA TELAH BEROPRASI"

Post a Comment