TIPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA

Mungkin dengan melihat judul di atas anda sudah mengetahui inti dari artikel ini. Didalam artikel ini, saya akan sedikit menginformasikan sesuatu yang berbeda tentang aktifitas atau kegiatan membaca yang mungkin dapat bermanfaat bagi anda, khususnya para pembaca artikel ini. Mungkin banyak dari anda yang bosan ataupun malas membaca karena sulit membaca suatu informasi dengam cepat dalam bentuk Text Cetak ataupun Digital.Untuk itu disini saya akan menginformasikan kepada anda tiga kunci utama (tiga tips) dalam meningkatkan kecepatan dan pemahaman anda dalam proses membaca,
tehnik ini telah saya coba dan sedikit banyak telah dapat meningkatkan pemahaman dan kecepatan saya dalam membaca. Jika anda berharap agar dapat membaca informasi berbentuk text cetak atau digital dengan cepat, dan juga dapat memahami isi dari bacaan , munkin ketiga tips dibawah ini dapat membantu anda.

1. Konsentrasi dalam membaca

Hal pertama untuk melipat gandakan kemampuan membaca anda adalah Berkonsentrasi. Ya, Konsentrasi atau memfokuskan perhatian lebih keras pada apa yang anda baca akan meningkatkan kecepatan dan pemahaman anda. Mungkin ada banyak dari anda yang tidak percaya bahwa berkonsentrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca.
Perhatikan hal berikut ini : Pernahkah anda pada situasi yang tertekan atau berbahaya! Misalnya : ada sebuah mobil yang menyelonong menuju kearah anda dan hampir menabrak anda , dengan menyaksikan setiap detail sekilas saja , otak anda akan merekam kejadian tersebut dan anda akan mengingat setiap detailnya (ini dapat terjadi karena anda memfokuskan fikiran anda pada mobil tersebut).
Atau bayangkan anda harus membaca puluhan halaman dari buku anda , tiba-tiba pikiran anda melayang-layang dan menyadari bahwa anda tidak mengerti apa-apa tetang sesuatu yang telah anda baca. Coba renungkan hilangnya pemahaman anda karena kurangnya konsentrasi.
Jika telah anda renungkan anda akan tahu pentingnya konsentrasi dalam melakukan suatu hal baik membaca ataupun yang lainnya. Untuk itu saya tekankan kepada anda untuk selalu berkosentrasi dalam aktifitas yang anda lakukan baik membaca atau yang lainnya .

2. Membaca Frasa demi frasa

Tips yang kedua adalah mengubah pola membaca anda dari membaca kata ke membaca frasa. Dulu pada waktu kita masih duduk dibangku sekolah dasar (SD), kita diajarkan guru kita belajar mengasosiasikan kata-kata bersama-sama dalam satu rangkaian , contohnya “ayo………..pergi…………sekarang….”.Jika sekarang anda masih menggunakan metode kata perkata cobalah anda ganti dengan metode frasa, Karena otak dewasa kita dirangkai untuk menangkap dan menginterprestasikan frasa-frasa dalam sekilas saja. Apabila setiap frasa terdiri dari tiga kata berarti anda akan meningkatkan kecepatan membaca anda tiga kali lipat .
Coba anda baca kalimat berikut ini : Saya……….akan…………menjadi… ..pembelajar………seumur………hidup………saya………dan………saya… …akan………berkonsentrasi……….setiap………kali……..saya…….membaca….
Tetapi bagai mana jika anda dapat menggunakan kapasitas otak yang anda miliki untuk melihat materi tercetak frasa demi frasa ? anda akan melihat kalimat diatas sepert ini : Saya ……… akan menjadi pembelajar………..seumur hidup saya …….. dan saya……akan berkonsentrasi ………..setiap kali saya membaca….

Dengan Membaca frasa demi frasa akan meningkatkan kecepatan membaca anda , sementara dulu jika anda menggunakan metode kata demi kata hanya dapat melaju dengan lambat.


3. Jangan melihat kebelakang

Kunci ketiga (tips ketiga) untuk meningkatkan kecepatan membaca adalah jangan melihat kebelakang .melihat kebelakang adalah yang terburuk dari yang lainnya , melihat kebelakang terjadi ketika kita ragu pada suatu kata dan meninjau kembali kata tersebut untuk memastikan bahwa kata yang kita lihat adalah benar . Menurut ahli motifasi Michael McCarthy, melihat kebelakang merupakan suatu kebiasaan tidak sadar yang muncul dari ”kurangnya rasa percaya diri terhadap kemampuan kita untuk memahami materi“.
Pada saat kita membaca dan kurang konsentrasi ,pikiran kita akan melayang-layang beberapa saat . Secara naluriah kita merasa bahwa pemahaman kita akan meningkat jika kita meninjau ulang kebelakang dan membaca sekali lagi . Justru kita keliru berfikir seperti itu , melihat kebelakang tidak akan meningkatkan pengertian kita , sebaliknya akan menghalangi pemahaman kita . Berhenti dalam setiap kata atau frasa untuk kembali melihatnya akan mempengaruhi kecakapan otak dalam menangkap seluruh arti dari apa yang anda baca. Untuk itu setiap kali anda membaca jangan meninjau kebelakang , yakinlah anda telah membaca kata tersebut dengan benar atau anda juga bisa mengimpulkan kata yang hilang dengan kemampuan otak anda, sehingga ini akan dapat meningkatkan kecakapan berfikir anda.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat, dan jiika rekan-rekan mempunyai masukan atau tips lain , mohon di informasikan lewat form komentar, sehingga akan sangat membantu bagi saya dan rekan yang lainnya dalam meninkatkan kemampuan membaca…

0 Response to "TIPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA"

Post a Comment