Jenis Komputer Berdsarkan Bentuk Dan Ukuran Fisiknya

Dewasa ini Komputer adalah sebuah tools yang banyak di pakai oleh masyarakat untuk membantu menyelesaikan perkerjaan mereka. Komputer terbilang tool yang efektif karena proses pekerjaan yang dilakukan dengan bantuan komputer akan lebih cepat selesai dan akurat. Dahulu ukuran komputer memang sangat besar , ketika komputer pertama di buat bahkan ukurannya sama dengan sebuah almari besar bahkan lebih, tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputerpun semakin berkembang dan semakin beragam pula bentuk dan ukurannya, bahkan kian hari komputer kian kecil bentuk dan ukuran fisiknya.

Tentunya sekrang ini koputer tidak lagi besar hingga memenuhi rumah kita, melainkan komputer telah mempunyai ragam jenis bentu dan ukuran fisiknya, ada yang besar dan ada pula yang kecil. Tetapi jangan salah, bukan berarti komputer yang lebih kecil mempunyai kemampuan yang lebih kecil pula. oya Dibahwah ini adalah beberapa jenis komputer berdasarkan bentuk dan ukuran fisiknya, jenis di bawah ini saya ambil dari sebuah buku yang berjudul pengenalan teknologi komputer dan informasi yang ditulis oleh janner simarmata dan diterbitkan oleh andi yogyakarta. Sebagai catatan jenis dibawah ini mungkin ada yang sudah tidak kita temukan lagi sekarang ini, karena memang telah atau sudah tidak di produksi lagi.

1. Tower
Tower adalah komputer yang berbentuk seperti menara yang biasa diletakkan di samping atau di bawah meja, ukurannya relatif besar sehingga dapat memenuhi meja. Komputer seperti ini umumnya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak pula memiliki tempat untuk memasang card tambahan (expantion slot), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan semisal VGA, SOUND CARD Dsb.



2. Dekstop
Komputer dekstop atau meja kerja adalah komputer yang biasa diletakkan di atas meja , komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang terjangkau, komputer seperti ini dapat kita temui dengan mudah diberbagai tempat semisal di kampus atau sekolah, di percetakan dsb. Komuter seperti inilah yang sekarang kita atau masyarakat pakai. Kalau saya melihat komputer dektop sekarang ini, memang sepertinya mengadopsi dari bentuk tower hanya saja ukurannya lebih kecil dan tentunya lebih terjangkau.


3. portable
portable berarti mudah untuk dibawa-bawa, komputer portable mempunyai ukuran yang sedikit lebih kecil dari komputer dektop, komputer seperti ini biasanya bagiannya dapat di urai dan dirangkai dan ditempatkan dalam satu kotak saja sehingga mudah untuk di bawa, komputer seperti ini memang kurang populer karena ukurannya yang relatif besar jika untuk di bawa-bawa, bahkan mungkin sekarang sudah tidak ada lagi yang memproduksi komputer jenis ini.



4. Notebook
Notebook (buku catatan) adalah komputer yang sekarang sedang populer karena memang komputer seperti ini mudah di bawa karena ukurannya yang relatidf kecil, mungkin sama dengan ukuran kertas kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya 1,5 sampai 6 kg. Notebook sepertinya akan menjadi pilahan yang cocok bagi masyarakat, terutama bagi seorang yang sering bepergian jauh dan membutuhkan komputer di mana saja.

Dan jangan salah walaupun ukurannya kecil notebook tidak kalah dengan komputer dektop, karena sekarang kebanyakan notebook yang ditawarkan dipasaran mempunyai spesifikasi sama halnya dengan dektop.

5. subnotebook (netbook)
subnotebook sekarang biasa disebut dengan netbook, netbook sebenarnya hampir sama dengan notebook hanya saja ukuran netbook lebih kecil dari notebook dan bisanya pebedaan yang mencolok adalah netbook tidak dilengkapi dengan disk drive, tetapi kitapun dapat menambahkan dist drive external jika kita ingin menambahkan itu pada nertbook kita.



6. palmtop
palmtop adalah komputer yang dapat digegam, ukurannya yang sanga kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video beta. Komputer seperti ini juga sering disebut dengan handheld computer.

diatas adalah jenis komputer berdasarkan bentuk dan ukuran fisiknya , tentunya ada jenis tertentu yang sudah tidak diproduksi dan digantikan dengan jenis lain, untuk itu jika ada jenis komputer yang sudah tidak ada sekarang ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya, dan semoga sedikit kilasan diatas dapat bermanfaat bagi

0 Response to "Jenis Komputer Berdsarkan Bentuk Dan Ukuran Fisiknya"

Post a Comment