studio Metro Goldwyn Mayer akan menyatakan diri bangkrut.

Pemilik hak tayang film James Bond, studio legendaris Hollywood Metro-Goldwyn-Mayer atau MGM akan menyatakan diri bangkrut.

Langkah ini didukung oleh para penyandang dananya. Namun kemudian MGM yang juga memiliki hak siar film baru The Hobbit akan melakukan merger dengan Spyglass Entertainment, kata sejumlah sumber di Hollywood.

Perkembangan ini kemungkinan mengakhiri upaya perusahaan Kanada Lions Gate Entertainment yang juga ingin mendapatkan MGM.

Dengan merger ini Spyglass akan menguasai MGM setelah dikabarkan membayar utang MGM sebesar US$4 miliar, sementara Direktur Spyglass Gary Barber dan Roger Birnbaum akan mengambil alih kepemimpinan MGM.

Sejumlah pakar seperti dikutip Reuters mengatakan sebagian pemilik saham masih bisa menggugat kesepakatan itu di pengadilan kebangkrutan. Dengan gugatan ini merger dengan Lions Gate masih dimungkinkan.

Lions Gate sendiri yang memiliki hak siar film Saw dan seri televisi Mad Men didukung miliarder Carl Icahn yang juga pemilik saham MGM.

Menurut kantor berita Reuters, studio MGM yang tertatih-tatih selama beberapa tahun ini untuk mengurangi utangnya, berusaha mencari penyandang dana baru.

Akhirnya disepakati MGM akan dirampingkan sehingga bisa ditawarkan kepada Spyglass.

Sejak tahun 2005 MGM dilaporkan sudah menumpuk utang sampai US$2,85 miliar.

Penyandang dana studio MGM seperti dilaporkan Reuters adalah JPMorgan Chase dan Credit Suisse.

sumber :bbc indonesia

0 Response to "studio Metro Goldwyn Mayer akan menyatakan diri bangkrut."

Post a Comment