INDONESIA PEROLEH PIALA DI KONTES SOFTWARE DUNIA

Banyak yang berpendapat bahwa indonesia mempunyai potensi SDM yang besar dalam hal teknologi, tetapi sayang potensi yang dimiliki para anak negeri dalam hal teknologi tersebut banyak yang di salah gunakan, sebagai contoh, banyak sekali hacker indonesia yang membobol situs-situs penting di dunia. walaupun dmikian banyak potensi indonesia juga banyak yang di aplikasikan ke hal-hal positif dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan adanya anak-anak negeri yang mampu meraih piala di ajang KONTES SOFTWARE DUNIA yaitu Imagine Cup 2010 yang digelar di Polandia .


perwakilan indonesia yang meraih piala di ajang Imagine Cup 2010 yang digelar di Polandia adalah Tim Candradimuka dari Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) tim ini terdiri dari Anggunmeka Luhur Prasasti (Teknik Telekomunikasi 2008), Kania Audrint (Informatika 2006), Widya Fira Desgita (Informatika 2007), dan Yudha Antawiryawan (Informatika 2007). software yang di usung mereka sehingga memperoleh piala adalah software yag berkenaan dengan penanganan gizi Buruk.


software yang mereka usung diberi nama LIFE dan berbasis website, LIFE memuat peta online yang dapat diakses dan dalam peta tersebut terdapat beberapa gambar balon yang menunjukan presentase jumlah pengidap gizi buruk di daerah tertentu.

Data tersebut diperoleh dari laporan petugas kesehatan melalui layanan SMS. Sehingga proses pengumpulan data pengidap gizi buruk lebih cepat dan bisa
secepatnya ditangani.

"Pemerintah baru tahu setelah ada pemberitaan dari media. Dengan software ini, pemerintah bisa mendapatkan kondisi yang sebenarnya secara realtime," hal ini seperti yang ipoet media kutip dari detikINET.

"Dengan software ini, tidak sampai 10 menit datanya bisa diperoleh. Secara teknis, dari level terendah yakni Posyandu, para bidannya akan mendata. Data tersebut akan diteruskan ke puskesmas, kemudian ke kota dan akhirnya tersentralisasi secara nasional. Sehingga pemerintah bisa melihat kondisinya," papar Dodi Qori Utama, mentor proyek LIFE yang juga dosen dari Institut Teknologi Telkom (IT Telkom).

sebenarnya bukan hanya piala yang di peroleh oleh Tim Candradimuka juga mendapatkan hadiah sejumlah uang sebesar US$ 3000. , Yudha dan Kania dari tim Candradimuka belum bisa menyatakan di gunakan untuk apa uang yang di peroleh timnya tersebut. Namun mereka berambisi untuk mewujudkan software ini agar bisa
diimplementasikan di Indonesia, minimal di wilayah Jabar.

"Kita tidak tahu mau buat apa. Tapi yang jelas kita akan berusaha untuk mewujudkan prototipe ini agar bisa diimplementasikan," kata mereka berdua kompak.


yang jelas dengan prestasi ayng di bawa indonesia ini , sudah membuktikan bahwa indonesia mempunyai potensi SDM yang luar biasa dalam hal teknologi, dan tentunya diharapkan agar software LIFE berbasis WEBSITE dapat sepat di implementasikan di indonesia , sehingga mampu memberikan sumbangsing yang besar dalam penanganan gizi buruk.

0 Response to "INDONESIA PEROLEH PIALA DI KONTES SOFTWARE DUNIA"

Post a Comment