Saturday, July 24, 2010

DAMPAK NEGATIF GLOBALISASI

Dampak negatif globalisasi merupakan hal yang harus di pahami seiring dengan perkembangan globalisasi dewasa ini, hal ini sangat urgen mengingat globalisasi sendiri sudah tidak mungkin di hindari, globalisasi bisa di artikan sebagai suatu proses di mana antarindividu, antarkelompok, dan antarnegara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi tapal batas negara, untukitulah kita harus siap dengan konsekuensi yang di bawa oleh arus globalisasi.

sebenarnya disatu sisi globalisasi memang membawa dampak negatif tetapi disisi lain globalisasi juga membawa dampak positif, tentunya hal inilah yang harus kita cermati sehingga kita bisa memanfaatkan sesuatu yang positif dari globalisasi dan meninggalkan atau menghindari hal-hal negatif yang dibawa globalisasi. nah kesempatan kali ini ipoet media akan sedikit menginformasikan dampak negatif globalisasi, sedangkan untuk dampak positif globalisasi akan saya tulis di artikel selanjutnya.

dampak negatif globalisasi secara global memang sangat banyak ( mungkin jika di tulis secara detail bisa menghabiskan lebih dari 1 eksemplar buku hehehe ), untuk itu kesempatan kali ini saya hanya akan sedikit menginformasikan dampak negatif globalisasi dari sebuah buku yang telah saya pelajari di masa SMA (sorry bos sebenarnya ambil gampangnya aja, soalnya lagi sibuk urusik sana sini). walaupun bahasan kali ini mengutip dari pelajaran di masa SMA , saya kira informasi ini masih sangat realistis, artinya apa yang saya informasikan ini memang sesuatu yang nyata dari adanya globalisasi.

langsung saja di bawah ini adalah dampak negatif globalisasi dan modernisasi :

a. Pola Hidup Konsumtif

Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada, jika hal semacam ini tidak terkontrol maka bukan tidak mungkin pola hidup konsumtif menjadi keniscahyaan.

b. Sikap Individualistik

Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitas. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial (hal inilah yang harus di perhatikan dengan seksama bagi kebanyakan orang seperti saya (blogger), karena hampir setiap saat harus online dan sejenak meninggalkan aktifitas sosial). hal ini dapat diantisipasi dengan sering berkumpul dengan teman, diskusi di forum kampus dan ikut organisasi yang ada disekitar lingkungan kita.

c. Gaya Hidup Kebarat-baratan

Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.

d. Kesenjangan Sosial

Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.

itulah dampak negatif globalisasi, untuk artikel selanjutnysa saya akan sedikit menginformasikan dampak positif dari globalisasi, dan semoga sedikit informasi di atas dapat bermanfaat dan dapat membangunkan kita dari terjangan arus globalisasi yang telah mengombang-ambikan kita di dunia. amin...

0 komentar:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2014 IPOET MEDIA Support by Google | Blogger