Tips Cegah Osteoporosis | cegah tulang Kropos Sejak Dini

Tentu kita sering mendengan kata Osteoporosis, Osteoporosis sendiri merupakan tulang keropos karena massa tulang semakin tua, Osteoporosis bisa mengakibatkan Patah tulang. di indonesia sendiri Osteoporosis merupakan penyakit yang banyak terjadi di orang2 usia lanjut. bahkan Menurut data Puslitbang gizi Kementrian Kesehatan 2006, dikatakan bahwa sebanyak dua dari lima orang Indonesia, berisiko terkena osteoporosis.

Untuk mencegah Osteoporosis SEJAK DINI, ATAU MENCEGAH TULANG KEROPOS SEJAK DINI, ada beberapa tips yaitu diantaranya adalah dibawah ini:

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium

Kalsium merupakan mineral yang utama dalam tulang anak. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi, maka akan membantu pertumbuhan anak dan membentuk massa tulang. Sehingga bisa mencegah terjadinya osteoporosis di usia dewasa.

Makanan yang mengandung kalsium di antaranya : susu dan bahan olahannya (es krim, yoghurtkeju), kacang kedelai dan olahannya (tempe, tahu, kembang tahu, susu kedelai), rumput laut, brokoli, dll. Kalsium pada susu lebih tinggi dibanding dengan yang lainnya. Selain itu susu juga mengandung vitamin D yang juga diperlukan untuk pertumbuhan tulang.


2. Olahraga secara teratur

Seseorang yang kurang beraktivitas, kurang gerak, maka otot-ototnya tidak terlatih dan menjadi kendor. Keadaan ini akan mempercepat menurunnya kekuatan tulang. Untuk menghindarinya, maka dianjurkan untuk berolahraga secara teratur. Mulailah berolahraga dan tinggalkan gaya hidup yang santai.

3. Berjemur di bawah sinar matahari

Sinar matahari terutama UVB membantu tubuh menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan massa tulang. Vitamin D membantu tubuh didalam proses penyerapan dan penggunaan kalsium. Jika tidak dengan vitamin D, maka usus manusia hanya mampu menyerap kalsium dalam makanan sebesar 10 – 15%. Namun, dengan vitamin D yang cukup maka usus mampu menyerap kalsium dalam makanan hingga 30%. Bayi (usia kurang dari 1 tahun)membutuhkan asupan vitamin D sebesar 400 IU/hari sedangkan anak-anak dan remaja membutuhkan asupan vitamin D harian sebesar 200 IU.

Berjemurlah dibawah sinar matahari (pada pagi hari sebelum jam 9 atau sore hari setelah jam 4) selama 20-30 menit, 3x/minggu. Karena sinar matahari membantu tubuh menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan massa tulang.

nah di atas adalah beberapa tips untuk mencegah Osteoporosis  atau tulang keropos sejak dini.

0 Response to "Tips Cegah Osteoporosis | cegah tulang Kropos Sejak Dini"

Post a Comment