Lukisan kekasih Picasso dilelang

Lukisan potret wanita sumber inspirasi pelukis Pablo Picasso yang mengubah hidup dan karya seninya akan dilelang di rumah lelang Sothby's di London tanggal 8 Februari mendatang.


Lukisan berjudul La Lecture itu adalah potret kekasih rahasianya, Marie-Therese Walter, yang berusia 17 tahun ketika Picasso, yang saat itu berusia 45 tahun, memperkenalkan dirinya saat Walter turun dari sebuah kereta api di Paris.

Hubungan asmara mereka dirahasiakan selama beberapa tahun karena usia Walter yang masih belia dan karena Picasso sudah menikah.

Lukisan yang dibuat tahun 1932 itu diperkirakan akan terjual antara £12 - £18 juta.

Walter pernah mengatakan bahwa dia tidak pernah mendengar nama pelukis kenamaan itu ketika sang maestro pertama kali mendekatinya dan mengatakan: "Saya Picasso - kamu dan saya akan melakukan sesuatu yang besar bersama-sama."

Sebelum La Lecture dilukis, Walter hanya muncul di karya-karya Picasso tidak dengan jelas. Gambar Walter sering dijadikan latar belakang lukisan-lukisan Picasso.

Ketika luisan itu dipamerkan, istri Picasso, Olga Khokhlova, baru menyadari bahwa ada wanita lain dalam hidup suaminya dan mereka kemudian berpisah.

Dari Walter Picasso memiliki seorang putri bernama Maya.

Walter menjadi sumber inspirasi sejumlah karya Picasso termasuk La Reve, Nude, Green Leaves dan Bust, yang semuanya dilukis tahun 1932.

sumber :bbc indonesia

0 Response to "Lukisan kekasih Picasso dilelang"

Post a Comment