Kanada Jadi sasaran serangan dunia maya

Banyak penyedia internet pemerintah di kanada mengalami serangan yang yang dilaporkan dari penyedia komputer yang berbasis di Cina.,Para peretas (hacker) mendapatkan akses ke data rahasia pemerintah, kata laporan badan penyiaran Kanada, Canada Broadcasting Corporation, CBC, dan memaksa departemen keuangan dan Dewan Perbendaharaan untuk mematikan sambungan internet.


Serangan itu pertama kali ditemukan oleh para agen keamanan dunia maya pada bulan Januari. Pada hari Kamis, Beijing membantah terlibat dalam serangan ini.

CBC menyebutkan para pejabat Kanada yang mengatakan tidak jelas apakah serangan itu datang dari Cina atau dirutekan lewat negara itu.

"Tuduhan bahwa pemerintah Cina mendukung peretasan internet tidak berdasar," kata jurubicara kementerian dalam negeri Cina, Ma Zhaoxu, kepada para wartawan.

Dewan Perbendaraan Kanada mengatakan dalam satu pernyataan bahwa mereka telah mendeteksi "upaya tanpa izin untuk memasuki jaringannya".

"Tidak ada pertanda bahwa adanya pencurian data yang berkaitan dengan Kanada," kata jurubicara Dewan Perbendaraan , Stockwell Day, kepada kantor berita Reuters.

CBC melaporkan bahwa akses internet di kedua lembaga itu diputuskan setelah peretasan itu terbongkar, dalam upaya untuk menghadang para peretas menjamah data.

CBC juga mengatakan para peretas sempat menguasai komputer-komputer milik para pejabat senior pemerintah untuk mencuri password yang akan membuka sistem data pemerintah.

Menurut laporan, para peretas itu membidik Riset dan Pengembangan Pertahanan Kanada, satu badan sipil di departemen pertahanan nasional.

0 Response to "Kanada Jadi sasaran serangan dunia maya"

Post a Comment