UDANG Ternyata Binatang Tertua di Dunia

Udang Diperkirakan menjadi Hewan Tertua di dunia yang masih hidup di bumi hingga sekarang, hal ini di didasarkan dengan di temukannya dua koloni udang kecebong oleh Peneliti Inggris, Triops cancriformis, di Caerlaverock di Pantai Solway, Dumfriesshire, bagian selatan Skotlandia.

"Fosil menunjukkan udang itu sama dengan bentuk mereka 200 juta tahun lalu, saat dinosaurus pertama muncul," papar Elaine Benzies dari Universitas Glasgow, yang ipoet media kutip dari vivanews .

Dengan penemuan ini, Peneliti menyimpulkan udang kecebong hidup di kubangan air tawar. Saat air surut, udang dewasa mati. tetapi sebelum mati, udang dewasa meninggalkan ratusan telur yang bisa hidup bertahun-tahun di lumpur, sampai air menggenang lagi. Telur itu tumbuh jadi udang dewasa dalam hitungan minggu.

Sebelum penelitian ini, Dr Larry Griffin dari Wildfowl & Wetlands Trust menemukan adanya koloni "tak lazim" di Caerlaverlock, pada 2004. "Setelah sekarang terbukti koloni ini mampu bertahan, kami berharap ada populasi lain di sekitar sini," ujar beliau.

Dia juga menambahkan, semua udang yang ditemukan di sana betina. "Namun memiliki organ reproduksi jantan dan betina,".

setelah penemuan ini, WWT, Universitas Glasgow dan Konservasi Alam Skotlandia meluncurkan proyek bersama untuk mencari koloni lain dari udang kecebong. "Kami akan memperlebar area pencarian," ucap Profesor Colin Adams.

0 Response to "UDANG Ternyata Binatang Tertua di Dunia"

Post a Comment