TROFI PIALA DUNIA

Trofi piala dunia adalah suatu simbol yang sangat urgen (penting) dalam pertandingan sepak bola didunia (FIFA WORLD CUP), trofi piala dunia ini diperebutkan oleh banyak negara didunia dalam ajang bergengsi piala dunia (world cup). setiap negara menginginkan tropi ini untuk dibawa ke negaranya sebagai simbol kemenangan dalam kompetisi bergengsi sepak bola di seluruh dunia (world cup). jadi hanya pemain dan tim yang terbaik diseluruh dunia yang bisa membawa tropi piala dunia ini.


sebanarnya TROFI PIALA DUNIA yang sekarang ini diperebutkan bukan merupakan TROFI piala dunia yang pertama, trofi pertama adalah TROFI yang berbentuk berbentuk bidadari bersayap yang di pahat oleh seniman asal Perancis, Abel Lafleur, dan diberi nama ”Victory”, kemudian guna untuk menghormati presiden fifa, TROFI PIALA DUNIA PERTAMA ini diganti nama dengan Jules Rimet. dan trofi ini telah dimiliki selamanya oleh brazil ketika mereka menjadi juara untuk ketiga kalinya tahun 1970.

namun pada 20 Desember 1983, sekelompok pencuri berhasil menembus penjagaan dan mencuri trofi Jules Rimet. Akibat kejadian ini, legenda sepak bola Brasil, Pele, bahkan harus memohon agar para pencuri mau mengembalikan. walaupun demikian, hingga saat ini trofi tersebut tidak pernah lagi diketahui keberadaannya dan dipercaya telah dilebur oleh para pencurinya.

nah lepas dari kisah pencurian diatas, Pada 1974, empat tahun setelah trofi Jules Rimet berhak dimiliki Brasil, trofi baru dengan desain yang berbeda diperkenalkan oleh FIFA. Trofi yang diperebutkan hingga sekarang ini didesain artis dari Italia, Silvio Gazzaniga, setelah memenangi kompetisi yang terdiri atas 53 desain. Trofi ini menggambarkan figur dua atlet yang mengangkat dunia sebagai tanda kemenangan.

TROFI PIALA DUNIA yang diperebutkan sampai sekarang ini mempunyai tinggi 33 cm dan berat 4,97 kg, serta dibuat dari emas murni 18-karat .bentuknya cukup menarik yaitu terdapat dua orang yang mengangkat dunia. YANG JELAS TROFI PIALA DUNIA yang sekarang diperebutkan merupakan simbol yangs anagt berharga yang di inginkan tim sepak bola di seluruh dunia.

0 Response to "TROFI PIALA DUNIA"

Post a Comment