PERINTAH DASAR DOS

Perintah dos atau perintah dasar dos sangat berguna bagi anda yang baru belajar dunia komputer khususnya pemrograman, karena memang perintah ini nantinya akan banyak digunakan dalam hal tersebut, dimana dos (disk operating system) merupakan sebuah sistemoperasi yang paling sederhanan karena fungsi dan kegunaan DOS hanya untuk membuka atau membuat komponen – komponen hardwara dapat di gunakan. Selebihnya DOS membutuhkan dukungan perogram aplikasi – aplikasi lain. Ketika pertama kali DOS dijalankan Operating System ini akan menampilakan A from ( A:\> ) setelah memunculkan A From.

selain itu perintah dos juga dapat membantu anda dalam hal tertentu yang tidak dapat dilakukan aplikasi secara langsung sebenarnya berkenaan dengan perintah dasar dos atau perintah dos saya telah lama tidak menggunkannya, alasannya karena sekarang ini dos sudah tidak wajib digunakan ketika menggunkan komputer, alasan lain karena saya tidak masuk kuliah jurusan IT jadi ,saya melupakan peritah dasar dos atau peritah dos ini.

Nah kesempatan kali inisaya akan sedikit menulis tentang peritah dos atau peritah dasar dos , semoga saja sedikit uraian dibawah dapat membantu anda yangs edang atau dalam belajar komputer dan juga dapat membantu saya agar tidak lupa dengan perintah ini, sehingga jika nanti saya membutuhkannya saya tidak lupa tentang perintah dasar dos atau perintah dos, langsungsaja dibawah ini adalah sedikit uraian tentang perintah dasar dos.

cd Pindah directory
contoh : cd windows, untuk pindah ke directory windows

copy Meng-copy file
copy file1.txt filebaru.txt Meng-copy file1.txt, nama file hasil copy-an adalah filebaru.txt. Jadi akan terdapat file1.txt dan filebaru.txt dengan isi yang sama. Ganti file1.txt dan filebaru.txt dengan nama file yang akan Anda copy
copy file1.txt c:\data : Mengcopy file1.txt ke directory data pada drive C (nama file hasil copy-an adalah file1.txt)
copy file1.txt c:\data\filebaru.txt : Meng-copy file1.txt ke directory data dengan nama file hasil copy-an filebaru.txt

dir : Menampilkan file dan directory
dir a : Menampilkan file dan directory pada drive A
dir /p : Menampilkan file dan directory per halaman. Perintah ini sangat berguna bila terdapat file dan directory yang banyak.
dir /w : Menampilkan file dan directory secara "singkat" (cuma menampilkan nama file atau directory saja, tidak ada keterangan ekstensi, ukuran file, tanggal dan jam)
ren : Mengganti nama file
ren filelama.txt filebaru.txt : Mengganti nama file filelama.txt menjadi filebaru.txt

nah semoga sedikit uraian diatas yaitu berkenaan dengan peritah dasar dos atau peritah dos dapat bermanfaat.