Penemu pesawat terbang Wright Bersaudara

Penemuan pesawat terbang memang terbilang unik, dimana sebuah benda yang lebih berat dari udara bahkan sangat berat dapat terbang mengudara di langit, ditambah lagi pesawat terbang mempunyai sayap yang kaku yang sulit dikendalikan. Yang mulanya ada banyak pendapat bahwa tidak mungkin sebuah benda yang lebih berat dari udara dapat terbang diudara, ternyata pendapat itu dipatahkan oleh weight bersaudara, mereka berdualah yang berhasil menerbangakan pesaewat terbang yang lebih berat dari udara.

Wright Bersaudara yang terdiri dari dua orang kakak beradik, Orville Wright (19 Agustus 1871 - 30 Januari 1948) dan Wilbur Wright (16 April 1867 - 30 Mei 1912), secara umum dihargai atas desain dan perancangan pesawat terbang efektif pertama, dan membuat penerbangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat daripada udara, bersama dengan pendirian tonggak sejarah lainnya dalam bidang era dirgantara. Kedua kakak beradik itu pada awalnya mengelola sebuah toko di Dayton, Ohio. Toko tersebut menjual dan memperbaiki sepeda motor. Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889. Kemudian mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiganya dites di pantai Kitty Hawk, North Carolina. Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak 1000 kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses. Kemudian mereka membuat mesin motor ringan. Mesin tersebut di pasang di pesawatnya yang keempat,

Mereka memperoleh keahlian mekanik tersebut dari bekerja di toko mereka yang penuh dengan mesin cetak, sepeda, motor dan mesin lainnya. Dari sepeda mereka mendapat gagasan bahwa pesawat terbang yang tidak stabil dapat dikendalikan dengan latihan.