Sunday, April 18, 2010

10 negara penghasil minyak terbesar di dunia

Hal yang kadang membuat saya berfikir lebih (hahaha kaya profesor aja ya) adalah masalah minyak didunia. Kita tahu bahwa minyak sangat dibutuhkan didunia apalagi negara berkembang seperti indonesia pasti membutuhkan minyak yang sangat banyak, bahkan kabarnya negara-negara asia pasifik dan asia selatan adalaah negara yang mengkonsumsi minyak terbesar didunia, dan bahkan china memperoleh urutan ketiga pengguna minyak terbesar didunia. Yang menajdi menarik adalah minyak bukanlah sumber daya alam yang dapat diperbaharui, jadi bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika cadangan minyak didunia habis, tentu seluruh mahluk bumi akan kelabakan mencari bahan bakar untuk menjalankan lokomotifnya. Hehehe, tapi jika ada bahan pengganti minyak tentunya hal tersebut tidak akan terjadi.

Oya , minyak bukanlah sumberdaya alam yang dapat diperbaharui, jadi sebisa mungkin negara penghasil minyak akan mengimpan minyaknya untuk digunakan sebagai cadangan dikemudian hari... nah tentu anda penasaran dengan siapa saja negara yang mempunyai cadangan minyak terbesar didunia. Dan inilah 10 negara penghasil minyak terbesar didunia..

1. Arab Saudi
Arab Saudi mempunyai hampir 20% cadangan minyak dunia dan merupakan pengekspor minyak terbesar. Sekitar 11% impor minyak Amerika Serikat berasal dari Arab Saudi pada tahun 2005.

2. Kanada
Mengejutkan banyak pihak bahwa Kanada mempunyai hampir 13% cadangan minyak. Tetapi kebanyakan minyak tersimpan di dalam pasir minyak, suatu deposit aspal yang harus diolah terlebih dahulu menjadi minyak mentah sebelum dapat di refinasi.

3. Iran
Iran mempunyai 10% cadangan minyak dunia. Tetapi negara tersebut terkena sanksi ekonomi dan ekspor, oleh karena itu tidak berkontribusi secara langsung terhadap impor minyak Amerika Serikat.

4. Irak
Ekonomi Irak lebih banyak di dorong oleh sektor minyak. Dengan menguasai 8% cadangan minyak dunia, pendapatan negara 95% bergantung pada minyak.

5. Uni Emirat Arab
Cadangan minyak dan gas bumi Uni Emirat Arab dapat bertahan selama lebih dari 100 tahun. Selama 30 tahun terakhir ini cadangan minyak Uni Emirat Arab berjumlah 7% cadangan minyak dunia. Uni Emirat Arab telah berubah dari negara miskin menjadi negara dengan standar hidup yang tinggi.

6. Kuwait
Kuwait adalah negara kecil tetapi kaya yang mempunyai cadangan minyak hampir sama dengan Uni Emirat Arab. Setelah bebas dari invasi Irak, Kuwait telah menghabiskan lebih dari US$5 milyar untuk memperbaiki infrastruktur minyak.

7. Venezuela
Sekitar 80% pendapatan negara begantung dari sektor minyak. Memegang 5,6% cadangan minyak dunia, Venezuela berkontribusi sebanyak 11% dari impor Amerika Serikat.

8. Rusia
Rusia mempunyai 5% cadangan minyak dunia tetapi merupakan pengekspor minyak terbesar kedua setelah Arab Saudi. Pendapatan dari ekspor minyak telah meningkatkan cadangan devisa Rusia sejak tahun 2005. Rusia juga pengkonsumsi minyak terbesar kelima di dunia.

9. Libya
Negara di utara Afrika yang menguasai 3% cadangan minyak dunia ini, hampir seluruh ekonominya bergantung pada ekspor minyak yaitu 95%.

10. Nigeria
Nigeria adalah negara kaya minyak yang menguasai 2,5% cadangan minyak dunia, dan hampir keseluruhan ekonominya bergantung dari sektor minyak.

Moga ja nanti di indonesia ditemukan sumber minyak yang melimpah, jadi bisa menjadio negara minyak yang kaya dehh.. hehehe..

0 komentar:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2014 IPOET MEDIA Support by Google | Blogger