ADROID : Sistem operasi mobile terbuka dari Google

Android, tentu nama tersebut sudah tidak asing lagi bagi anda pencinta gadgets, pasalnya android sekarang semakin banyak diperbincangkan oleh berbagai produsen gadgets semisal HTC dsb, bahkan disebut-sebut androit akan menjadi pesaing terberat windows mobile sehingga tidak menutup kemungkinan android akan menggantikan posisi windows mobile, selain itu sekarang banyak pula pengguna gadgets (konsumen) yang berbincang tentang sistem operasi ini sehingga androitpun akan semakin dikenal. Android dikembangkan dari kernel linux v2.6 (monolithic) oleh android.inc yang kemudian diakuisisi oleh google, adroid adalah sebuah sistem operasi mobile terbuka dari google, yang artinya semua vendor atau produsen ponsel dapat menggunkan sistem operasi android di gagdget buatannya , dan bahkan sekarang ada 2 versi untuk masalah urusan distribusi android, yaitu yang pertama adalah android GMS atau Google Mobile Services dan Android OHD atau Open Handset Distribution.

GMS (Google Mobile Services)

Android dengan GMS adalah Android yang didukung penuh oleh Google. yaitu di dalam ponsel Android tersebut telah dilengkapi oleh fasilitas-fasilitas yang terhubung dengan Google Account. Beberapa aplikasi tersebut misalnya, Gmail, Google Contact, Google Calendar juga Youtube.

Selain itu, ponsel Android yang dilengkapi dengan GMS memiliki Android Market. Trus , dimana Android Market Trus ini digunakan untuk mendownload atau membeli aplikasi-aplikasi untuk ponsel android.


OHD (Open Handset Distribution)

Nah kalau OHD (open Handset Distribution) adalah Android yang sangat dasar, belum ada support dari Google. Sehingga , pengguna masih dapat mengakses fungsi-fungsi dasar dari handset seperti smartphone lain, akan tetapi didalamnya belum ada Google apps serta tidak ada Android Market didalamnya.

Kabarbaiknya adalah, ada beberapa aplikasi dari developer yang kemudian membangun portal market aplikasi pengganti dari Android Market, seperti SlideMe. tuntunya hal tersebut cukup bagus, mengingat kebutuhan pasar akan aplikasi-aplikasi android. selain itu ada banyak aplikasi-aplikasi yang bisa kita temukan di Android Market, juga dapat ditemukan disana. Yang jelas Ini juga meruapakan pasar baru yang dapat dilirik para developer .


Android memang spertinya akan semakin banyak digunakan oleh produsen gadgets, ini terlihat dari semakin banyaknya produsen gadget yang menggunkan sistem operasi terbuka dari google ini. Semoga saja sedikit ualsan tentang Android dapat bermanfaat, dan untuk bahsan berukutnya saya akan coba mencari gadget yang menguntikkan operting sistem android di dalamnya.

0 Response to "ADROID : Sistem operasi mobile terbuka dari Google"

Post a Comment