biografi suharto | tentang suharto


biografi suharto
Muncul sebagai pemimpin di tengah kekacauan sosial yang ekstrem dan kekerasan massal yang melanda Indonesia pada 1966, Suharto telah menjadi ikon penting Indonesia modern. Ia membangun sebuah rezim kuat yang terkenal sebagai Orde Baru, dan terus memimpin negara terpadat keempat dunia ini hingga jatuh secara tragis pada 1998.

Buku ini memberikan wawasan memukau tentang seorang pria yang naik dari masa muda yang biasa-biasa saja untuk kemudian mendesakkan kekuatan luar biasa dalam memimpin sebuah bangsa yang kompleks dan bergejolak, namun figurnya tetap misterius dan membingungkan. Ia (bercita-cita) menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang kuat, bersatu, dan makmur. Ia (ingin) membangun sistem kekuasaan dan politik yang menjamin stabilitas keamanan dalam negeri dan kehormatan bangsa ini di dunia internasional. Namun, setelah hampir setengah abad menjadi tokoh yang paling berpengaruh, ia terhempas dari istana dengan cara yang memilukan, lalu disikapi dengan cara yang berlawanan: dipuji sebagai—antara lain—pemersatu bangsa, dikutuk sebagai—antara lain—simbol pelanggaran HAM dan korupsi gila-gilaan.

Didasarkan pada sejumlah wawancara, arsip, dan surat kabar, buku ini memberikan informasi yang sangat rinci tentang tokoh misterius dan kontroversial ini, secara sistematis dan objektif, untuk pertama kalinya!
“… buku ini ‘lebih manusiawi’ dan ‘sungguh-sungguh objektif’.”
Nicholas Tarling, New Zealand Journal of Asian Studies

“Suharto: Sebuah Biografi Politik adalah karya akademis pertama tentang riwayat hidup seorang pemimpin yang … oleh dunia selalu dipandang penuh teka-teki.… Elson telah menjelajah ke sumber-sumber baru dalam penelitiannya, dari arsip-arsip kolonial Belanda sampai berbagai wawancara dengan kalangan dalam istana, dan lahirlah sebuah karya yang rinci.”
Times Literary Supplement

“Buku ini berdiri sejajar dengan sangat sedikit biografi politik yang pernah terbit yang dipersembahkan kepada negarawan dan politisi Indonesia modern. Dalam khazanah bacaan tentang sejarah dan politik Indonesia tidak banyak ditemukan buku-buku semacam itu.”
Kompas

“… memberikan sumbangan ‘luar biasa’ bagi ilmu sejarah dan ilmu politik …. Elson mencoba mengambil pendekatan narrative history yang memusatkan diri pada eksposisi mendetail, penuh nuansa terhadap dialektika, suasana dan lingkungan kompleks dan berubah-ubah dalam kehidupan dan karier Soeharto.”
Daniel Dhakidae

“Karya Elson ini berkualitas tinggi. Tidak ada pakar tentang Indonesia atau orang awam yang berminat yang dapat mengabaikan buku ini.”
John Monfries, Australian Book Review

“… mendalam, jelas, dan cerdas.”
David Reeve, University of New South Wales

“… sebuah buku yang berguna dan tepat waktu ….”
The Journal of Energy Literature


biografi suharto

0 Response to "biografi suharto | tentang suharto"

Post a Comment